Bordir, entah apapun jenisnya ia merupakan bagian dari seni fashion. Setidaknya sering sekali kita lihat beragam jenis bordir, entah itu pada kaos, jaket, topi, bahkan kemeja. Keberadaan bordir dapat menjadi indentitas tersendiri bagi seragam tersebut, karena biasanya bordir tersebut membentuk tulisan nama perusahaan atau logo perusahaan. Biasanya selain melayani pembuatan seragam biasa, konveksi juga merangkap menjadi konveksi seragam bordir.

Bordir sendiri sebenarnya adalah proses pembuatan gambar, ilustrasi atau hurus pada permukaan baik itu kain, kuit, kertas, dan sebagainya. Motif ini biasanya dibuat menggunakan benang.

Proses pengerjaan bordir dapat dilakukan dengan dua cara, yakni manual maupun menggunakan teknologi komputer.

Harga bordir ditentukan oleh sistem produksinya, kualitas, dan kuantitas. Ketiga hal inilah yang menetukan biaya yang harus dikeluarkan dalam proses pembuatan bordir.

Contohnya saja bordir manual tentunya akan lebih mahal dibanding bordir menggunakan komputer jika jumlah atau kuantitasnya banyak. Namun, akan jauh lebih murah jika jumlahnya sedikit.

Dilihat dari sisi seni, bordir manual memiliki nilai tersendiri. Apalagi jika pengerjaannya dilakukan oleh tangan yang ahli. Sehingga dalam beberapa pemesanan, konsumen cenderung memilih bordir manual dibandingkan komputer, khususnya yang berkaitan erat dengan seni.

Selain memiliki ciri khas, bordir manual seringkali hanya diproduksi secara terbatas, sehingga banyak konsumen pecinta produk limited edition memilih bordir manual ini.

Sayangnya, kelemahan jenis bordir manual jika ingin memproduksi motif bordir untuk seragam jelas kurang tepat, karena hasilnya tentu akan berbeda dan sulit untuk sama. Bordir manual juga akan lebih susah diproduksi dalam partai besar. Krena itulah konveksi seragam bordir tidak memilih bordir manual ini untuk produksi.

Berbeda dengan bordir komputer yang harganya lebih mahal. Ia juga memiliki kelebihan tersendiri. Bordir komputer dapat lebih cepat selesai dan memiliki akurasi serta presisi yang tepat sesuai dengan gambar dan desain yang direncanakan. Bordir komputer inilah yang biasanya sering digunakan oleh konveksi seragam bordir

Bordir komputer dapat dikerjakan dalam partai besar, karena ia dapat menghasilkan bordir yang sama, sehingga cocok digunakan oleh konveksi seragam bordir.

Proses pembuatan antara bordir manual dan komputer pun berbeda. Bordir manual membutuhkan persiapan yang sederhana menggunakan kertas kalkir. Kerapiannya tergantung pada orang yang mengerjakannya. Karena itulah antara bordir yang satu dan yang lain tidak bisa sama.

Bordir komputer dikerjakan menggunakan program gambar dan mengatur margin, warna benang dan letak bahan yang akan dibordir, baru dikerjakan.

Pilihlah supplier sablon kaos dan bordir yang sudah berpengalaman dan terkenal memberikan hasil yang baik. Hal ini mampu mengurangi resiko hasil sablon atau hasil bordir yang jelek. Jika anda membutuhkan konveksi seragam bordir, cobalah melihat inperopromosi.com yang merupakan produsen seragam Jakarta. Selain melayani pesanan seragam, kami juga melayani bordir dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apa lagi, ayo pesan dan hubungi kami.