Setiap kali membeli kaos cotton combed pasti produsen kaos combed akan bertanya ingin kaos cotton combed 20s atau 30s. Pertanyaan ini tak jarang membuat pembeli bingung mengenai kaos cotton combed.

Secara umum, combed 20s maupun 30d itua dalah jenis benang, jenis rajutan, dan garamasinya yang akan mempengaruhi tebal, tipis, lentur, dan kaku dari bahan kaos tersebut. Semakin besar angkanya maka semakin tipis juga kaosnya. Sedangkan huruf s atau d yang berada dibelakang angka menunjukkan jenis rajutan yang digunakan, yakni single knit (rajutantunggal) atau double knit (rajutanganda).

Kaos Combed Single Knit Atau Double Knit

Bahan kaos polos dengan jenis rajutan single knit menunjukkan penggunaan bahan hanya sebelah saja dan tidak bisa dibolak balik. Proses print nya pun harus dilakukan hati hati karena jika posisinya salah hasil sablon akan berbeda kualitas. Hampir semua kaos yang beredar di Indonesia merupakan kaos combed dengan rajutan tunggal yang lebihrapat.

Kaos dengan huruf d di belakang menunjukkan bahannya dibuat menggunakan teknik double knit. Keuntungannya bahan ini dapat digunakan bolak balik. Jika di sablon menggunakan printer kaos, bahan ini lebih mudah menentukan sisi print sebelah mana. Bahan kaos polos dengan double knit memiliki karakteristik lebih lembut, tidak padat, kenyal, dan lentur. Biasanya digunakan untuk produk kaos anak dan bayi.

Gramasi Kaos Combed

Walaupun kaos combed 30s lebih tipis dibandingkan kaos combed 20s dan lebih tebal dibandingkan dengan 40s,  namun terdapat perbedaan standart ketebalan di setiap pabrik atau produsen kain. Pabrikan satu dan yang pabrikan yang lain akan memiliki ketebalan berbeda untuk ukuran kaos yang sama. Yang membuat mereka berbed aadalah gramasinya.

Faktor Pembeda Harga Kaos Antar Produsen

Dengan memahami jenis dari benangrajutan, pembeli kaos cotton combed bias mempelajari mengapa terdapat perbedaan harga jual diantara produsen kaos combed satu dengan yang lainnya. Bahan yang lebih tipis biasanya relative lebihmahal karena selain harga belinya yang mahal, potensi kerusakannya dalam proses produksinya pun lebih besar. Namun, gramasinya yang lebih ringan membuat jumlah produksinya lebih banyak.

Penentu harga selanjutnya adalah ketrampilan tukang jahit yang dipakai, tukang jahit halus dan tukang jahit kasar tentunya menentukan bayaran mereka yang berdampak pada harga jual akhirnya.

Hal selanjutnya adalah kerapatan jahitan. Hal ini jarang sekali diperhatikan, padahal kerapatan jahitan adalah salah satu penentu daya tahan dari kaos polos cotton combed yang anda beli. Semakin rapat jahitannya maka kaos combed akan bertahan lama, namun produsen kaos combed biasanya menggunakan jahitan yang jarang demi menghemat biaya produksi.

Selain itu penentu murah dan tidaknya kaos cotton combed adalah pemilihan produsen kaos combed yang anda pilih. Jika anda memilih produsen kaos combed yang tepat seperti imperopromosi, maka pasti anda akan mendapatkan harga  yang  murah. Imperopromosi sendiri telah berpengalaman dalam menangani beragam pesanan. Imperopromosi berlokasi di Jakarta.