Tips Mudah Merawat Baju Agar Tidak Cepat Rusak

Sumber Gambar: Google

Sahabat Impero, pakaian merupakan hal utama yang digunakan oleh setiap orang. Mungkin tidak jarang kalau semua orang mempunyai banyak pakaian/ baju dari segala model dan motif memenuhi celah-celah di lemari anda. Terlalu banyak pakaian di lemari anda, membuat anda bingung dalam menyimpan baju. Sehingga baju menjadi tidak teratur dalam penempatannya, ada yang terlipat rapi didalam, ada yang menjorok keluar, ada yang digantung dan ada pula yang tergeletak begitu saja diluar lemari. Akibatnya baju menjadi tidak beraturan, kotor, berdebu, dan berdesakan akibat tumpukan-tumpukan baju lainnya. Anda juga dapat menggunakan pakaian/ baju anda secara langsung:

Ini dia tips dari kami dalam merawat baju saat disimpan ataupun digunakan.

1. Klasifikasikan pakaian anda

Anda harus mengelompokkan baju-baju anda. Mana baju yang sering digunakan dan mana baju yang tidak pernah digunakan karena sesak, rusak, ataupun tidak layak dipakai.

2. Kelompokan sesuai jenis/bahan baju anda

Setelah anda mengelompokan beberapa pakaian/ baju yang masih layak digunakan perhatikan kelompoknya mana pakaian yang berupa atasan seperti jaket, t-shirt, kemeja, polo shirt dll.

Jika terdapat baju yang tidak layak untuk dipakai dan kotor pisahkanlah.

3. Baju kotor

Jika anda menemukan baju anda kotor dan berdebu haruslah dicuci kembali. Pastikanlah baju anda kotor karena apa?. Jika kotor karena debu sebaiknya direndam dan dicuci kembali. Waspada akan kuman yang ada.

4. Baju Luntur

Jika terdapat baju bewarna anda luntur, pisahkanlah agar tidak mengenai warna baju dengan yang lainnya.

5. Cuci Baju Anda

Sebelum mencuci sebaiknya baju-baju anda rendam dahulu dengan air secukupnya, kemudian cuci dengan perlahan.

6. Cuci dengan sabun cuci pakaian

Gunakanlah sabun agar bersih dan menghilangkan bekas kotoran-kotoran yang menempel pada baju anda. Kebersihan baju perlu diutamakan.

7. Mesin Cuci atau Cuci Gosok

Pastikan baju anda untuk dicuci pada mesin cuci atau cuci gosok?. Jika kotoran yang menempel pada baju anda susah untuk dihilangkan lebih baik anda mencucinya sendiri dengan cuci gosok ataupun dengan cuci tangan. Seragam putih, baju putih sebaiknya dicuci gosok agar mengantisipasi lunturnya warna lain. Baju anda berbahan sifon, polyster atau rayon crepe, sebaiknya tidak dicuci dengan mesin karena berakibat bahan baju tersebut rusak.

8. Bilaslah dengan air bersih

Jika sudah bilaslah pakaian anda dengan air bersih 3x tahapan. Jika anda menggunakan mesin cuci sesuaikanlah dengan ketentuan pada alat mesin cuci anda. Aturlah dengan tepat dan efisien.

9. Jemur Pakaian Anda pada Ruang Terbuka

Jemur pakaian anda pada ruang terbuka dibawah sinar matahari. Hal itu agar pakaian anda cepat kering dan tidak lembab. Kelembaban pakaian membuat pakaian ditumbuhi jamur, maka hindari pada ruang tertutup.

10. Gunakan hanger ataupun Penjepit Baju

Jika cucian anda sangat banyak, gunakan hanger untuk menghemat tempat jemuran. Pasangkan penjepit baju agar baju tidak jatuh apabila terkena angin.

11. Biarkan pakaian dan baju anda kering

Sembari menunggu pakaian/baju anda kering anda dapat melakukan aktivitas yang lain. Tunggu waktu kurang lebih selama tiga jam.

12. Angkatlah Pakaiaan Jika sudah kering

Angkatlah pakaian anda jika sudah kering. Jangan terlalu lama untuk mengambil pakaian kering. Jika terlalu lama untuk pakaian anda yang berbahan sifon dan berbahan yang tidak dapat terkena matahari terlalu lama akan menurunkan kualitas bahan baju anda.

13. Menyetrika Baju

Setrikalah baju anda dan lipatkan baju dengan susunan yang rapi. Anda juga bisa menyemprotkan parfum sebagai pengharum dan pelembut untuk baju anda.

14. Pelicin Baju atau Pelembut Baju

Berikan pelicin baju ataupun pelembut baju. Untuk memudahkan anda dalam menyetrika dan menghilangkan bekas kerutan yang ada.

15. Sesuaikan Temperatur pada Setrika

Jika anda menyetrika usahakan temperatur diatur dan disesuaikan pada bahan baju. Karena tidak semua bahan baju dapat disetrika dengan temperature tinggi ataupun rendah.

16. Susunlah baju yang seharusnya dilipat dan digantung.

Untuk pakaian dengan bahan yang gampang kusut sebaiknya digantung setelah anda menyetrikanya. Untuk bahan yang tidak kusut sebaiknya dilipat saja. Seperti Jaket lebih baik digantung agar menghindari dalam memenuhi space area lemari anda.

17.Baju yang dilipat

Jika ingin dilipat satu lipatan saja semuanya juga menyesuaikan. Jika ingin dilipat kecil semuanya  juga menyesuaikan, akan tetapi jika lipatan kecil membuat anda lebih hemat dengan space ruangan. Tetaplah ingat bahwa baju jangan sampai berdesakan sehingga membuat baju tidak rapi.

18. Baju yang bewarna putih/gelap

Gunakanlah pelindung baju untuk warna tersebut. Seperti plastik baju agar tidak mudah kotor dan gantungkanlah.

19. Lihatlah space pada lemari anda

Apakah lemari anda itu besar atau kecil?. Lihatlah space dalam ruang dalam lemari anda. Usahakan nantinya isi lemari pakaian anda tidak saling berdesakan. Sehingga baju masih tertata rapi dan tidak mudah kusut, dan anda juga  tidak perlu repot untuk menyetrika berulang kali.

20. Masukan Pakaian Pada Lemari Anda

Atur pakaian pada lemari anda. Tatalah dengan baik.

21. Letakan Kamper

Kamper atau alat penyerap kelembapan digunakan untuk mencegah timbulnya jamur sehingga pakaian/ baju anda terawat dengan baik.

22. Bukalah Lemari Anda secara Berskala.

Sempatkan untuk membuka lemari secara berskala dan keluarkan isinya untuk beberapa saat. Agar pakaian anda mendapatkan sirkulasi udara. Belum tentu pada saat menutup lemari baju anda bersih dan terlindungi sepanjang waktu. Padahal, apabila lemari terus-terusan tertutup akan menimbulkan jamur karena kurangnya sirkulasi udara.

23. Menggantungkan pakaian di luar Lemari

Jika anda ingin menggantungkan pakaian anda di luar lemari usai dikenakan beberapa saat.  Anda bisa menggantungkannya dengan hanger dan letakan ditempat dengan suhu yang tidak lembab. Agar pakaian anda tidak bau saat anda ingin mengenakannya kembali.

Jadi tadi tips untuk anda merawat pakaian/ baju saat disimpan dan pakaian dapat digunakan sewaktu-waktu tidak kusut dan rapi.