facebook-pixel

Tempat Bordir Terdekat di Jakarta

Tempat Bordir Terdekat di Jakarta adalah salah satu teknik menghias yang identik dengan industri tekstil dan garmen. Adapun yang disebut sebagai bordir adalah seni atau keterampilan membuat gambar atau pola pada kain yang berupa sulaman benang yang membentuk sebuah motif pada kain tekstil dengan menggunakan benang atau benang berwarna sesuai dengan kreativitas atau kebutuhan Anda. 

Teknik bordir ini telah ada sejak zaman kuno dan telah menjadi bagian penting dari sejarah manusia dan budaya. Ini adalah teknik yang populer digunakan dalam fashion, kerajinan tangan dan dekorasi rumah. Selain itu, bordir juga dapat menjadi hobi yang menenangkan dan menghibur. 

Sejarah Bordir

Bordir telah ada sejak zaman prasejarah. Artefak bordir tertua yang ditemukan berasal dari zaman Neolitikum, sekitar 5000 tahun SM. Bordir menjadi semakin populer selama era Renaisans terutama di Eropa, dimana bordir digunakan untuk menghias pakaian, selimut dan benda-benda dekoratif lainnya. Di Asia, bordir juga telah menjadi bagian dari budaya dan tradisi, seperti bordir Suzani di Uzbekistan dan bordir Sashiko di Jepang. Namun, teknik bordir modern yang kita kenal sekarang berasal dari zaman Mesir Kuno, dimana orang Mesir menggunakan benang emas dan perak untuk membuat bordir pada pakaian mereka. Kemudian, bordir menyebar ke seluruh dunia dan menjadi bagian penting dari budaya dan sejarah manusia. 

Jenis-jenis Bordir 

Dalam proses pengerjaannya, bordir dilakukan dengan dua teknik dalam industri garmen, yaitu bordir manual dan bordir komputer. Sekarang akan kami bahas satu-satu tentang dua teknik bordir ini dengan segala jenis bordirnya. 

  • Bordir Manual

Bordir manual menjadi salah satu jasa bordir yang umum digunakan. Pengerjaannya dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin komputer dan mengandalkan keterampilan tangan pembordir. 

Dari sudut pandang artistik, jenis bordir manual ini memiliki kelebihannya sendiri karena jenis ini memiliki nilai jual lebih terutama apabila berkaitan dengan kebutuhan seni dan hasil kerajinan. Apalagi jika pengerjaannya dilakukan oleh tangan-tangan ahli. Oleh karena itu, dalam beberapa pesanan konsumen lebih memilih bordir manual. Terutama untuk kepentingan yang berhubungan dengan seni. 

Bordir manual sangat cocok untuk bordir dengan skala kecil yang tidak terlalu banyak. Pengerjaan dilakukan dengan tingkat ketelitian yang tinggi sehingga memberikan hasil bordir yang lebih rapat dan awet. Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan diatas, kelebihan bordir manual lainnya adalah sebagai beriktu : 

  1. Tidak perlu desain dan setting pada mesin bordir. Untuk bordir satuan, bordir manual bisa lebih cepat selesai.
  2. Bordir manual tidak membutuhkan setting mesin dan software, sehingga bisa langsung dikerjakan oleh pembordir. 

Berikut ini ada beberapa teknik bordir manual yang sudah banyak orang pakai. 

  • Tusuk Balik/Tusuk Tikam Jejak

Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat pola dari bentuk garis, menjahir lipatan dan menyatukan kain. 

  • Tusuk Rumani 

Ini digunakan tidak hanya untuk desain daun dan bunga, tetapi juga untuk bentuk bidang panjang. 

  • Tusuk Veston

Biasanya digunakan untuk memperkuat dan menghias pola bunga, lubang kancing dan bahkan tepi kain. 

  • Tusuk Batang/ Tangkai

Digunakan untuk membuat pola dari batang, ranting dan bahkan bidang. 

  • Tusuk Jelujur

Dapat digunakan untuk membuat garis kain, jahitan dan lipatan.

  • Bordir Komputer 

Digital bordir atau bordir komputer adalah jenis bordir menggunakan perangkat mesin bordir yang terhubung dengan komputer dengan program bordir preset dalam bentuk atau teks yang disulam oleh mesin bordir. Kemudian pembordir berperan sebagai operator yang mengerjakan bordir agar desain bordir dapat dicetak dengan tepat dan akurat. 

Dalam pekerjaan bordir komputer, sebuah program gambar biasanya disebut film memancing yang dibuat terlebih dahulu dan kemudian film memancing disimpan dalam file kecil dengan nama dan format tertentu tergantung pada mesinnya itu sendiri. Ketika film memancing sudah siap, masukkan film ke kepala mesin bordir dan operator mesin akan menyesuaikan margin, warna benang dan posisi bahan yang akan disulam dan disulam. 

  • Bordir Handuk/ Moss Stitch/ Towel

Dulu banyak digunakan untuk bordiran pada jaket kuliah, kini lebih banyak digunakan untuk kebaya, busana muslim, kerudung dan topi. 

  • Bordir Timbul/ 3D

Sesuai dengan namanya, Anda akan melihat hasil dari jenis bordir ini. Banyak digunakan dalam topi snapback. 

  • Bordir Stik/ Chain Stitch

Jenis bordir ini banyak digunakan pada busana islami, kebaya, selendang, topi, kaos oblong dan lainnya. 

Jasa bordir komputer adalah jasa bordir yang banyak diminati konsumen karena beragam kelebihan yang ditawarkan, diantaranya adalah : 

  1. Hasil desain bordir akurat. Karena menggunakan mesin komputer otomatis, maka bordir yang dihasilkan bisa lebih tepat dan akurat.
  2. Bordir komputer cocok untuk pemesanan bordir dengan jumlah banyak atau partai. Karena ketepatan desain dan kecepatannya, sehingga bisa selesai tepat waktu. 

Proses Bordir 

Proses membordir pada dasarnya dapat dilakukan dengan beberapa teknik, baik yang berupa cara menual ataupun cara digital dengan menggunakan komputer dan mesin khusus yang disebut dengan embroidery machine. Adapun langkah-langkah membuat bordir pada kain ialah sebagai berikut sebagaimana dikutip dari Desain Bordir Motif Flora untuk Bagian Depan Busana, Hery Suhersono (2005 : 7)

  1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti beberapa benang berwarna dan kain yang akan dipasangi bordiran. 
  2. Menyiapkan desain motif yang akan diaplikasikan ke kain.
  3. Memindahkan atau menjiplak desain motif pada kain yang hendak dibordir. 
  4. Memasang kain yang sudah diberi motif pada ring (pembidangan) atau mesin.
  5. Memasan benang bordir pada jarum ataupun mesin bordir.
  6. Menyulam sesuai pola motif atau memeriksa pergerakan mesin bordir. 
  7. Membuat krancang dengan alat sorder.
  8. Membersihkan sisa-sisa benang bordir.
  9. Merendam, menjemur dan menyetrika hasil bordir. 

Bagi Anda yang sedang mencari tempat bordir terdekat di Jakarta, bisa mengunjungi website kami di https://imperopromosi.com/  Untuk melihat berbagai pilihan layanan kami lainnya, silahkan hubungi admin kami yang tertera di bawah ini.

Untuk konsultasi dan pemesanan produk Impero Promosi dapat menghubungi:

WhatsApp:

(0811-8996-998)

(0811-984-9984)

Email : sales@imperopromosi.com

Website: imperopromosi.com

Instagram: @imperopromosi

Alamat:

Kantor & Workshop:

Jl. Anggrek Rosliana VII No. 14 Slipi Jakarta Barat 11480 Indonesia

Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004.

× Ada yang bisa kami bantu?